BREAKING

Friday, November 18, 2011

KERUPUK BASAH(TEMET) KHAS KAPUAS HULU

CeritaDayak – Kerupuk Basah, mungkin seklilas terdengar aneh karena dimana-mana kerupuk itu identik dengan kering dan di goreng serta pendamping nasi. Atau mungkin ada yang mengira kerupuk yang sudah di lumuri dengar air seperi yang di campur dalam bubur. 

Akan tetapi berbeda dengan makanan khas Kapuas Hulu Kalimantan Barat ini, Kerupuk Basah adalah makanan sejenis Siomay  (jawa), Empek-empek (Palembang) yang terbuat dari ikan-ikan sungai.

Kerupuk basah biasa dibuat dengan bahan dasar ikan air tawar. Namun, jenis ikan yang paling lezat di lidah adalah belidak. Ikan ini banyak dijumpai di Danau Sentarum. Danau yang juga menawarkan keindahan dengan bergam species ikannya. Cara meraciknya sederhana. Sebelum diolah, belidak dibedah terlebih dahulu untuk memisahkan bagian daging dengan tulang. Setelah itu, daging ikan digiling,  lalu dicampur bumbu sahang, bawang putih, dan garam secukupnya. Daging ikan dan bumbu lantas dicampur tepung kanji. Dibentuk selinder memanjang baru direbus. 

Makanan ini terbilang unik dan sederhana tapi tidak rasanya yang makyos dan luar biasa. Biasanya Kerupuk Basah di sajikan dengan sambal. Di kalangan Masyarakat Kapuas Hulu khusunya Danau Sentarum makanan ini sangat popular dan seabagi penyajian utama ketika ada tamu. 

Tapi sayang makanan unik nan lezat ini hanya bias di temui di Danau Sentarum, jadi buat sahabat Cerita Dayak kalau mau menikmati makanan yang satu ini silahkan kunjungi Danau Sentarum Kapuas Hulu. Tempat ini berjarak kurang lebih 700 KM dari ibukota provinsi Kalimantan Barat Potnianak.*BB

2 comments :

  1. yg nulis ini sok tau ya. krupuk basah (kb) ini bkn cuma ada d danau sentarum. saya org asli kpuas hulu. sekabupaten juga ad jual. kb ini jga bkn asli dri danau sentarum. asal ny itu dri jongkong, kapuas hulu KALBAR

    ReplyDelete
  2. Ye asalnya memang di jongkong. Di Teluk Lucin. Wkwkwk

    ReplyDelete

 
Copyright © 2009-2013 Cerita Dayak. All Rights Reserved.
developed by CYBERJAYA Media Solutions | CMS
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Flickr YouTube