BREAKING

Thursday, December 9, 2010

Buku legenda asal-usul suku Dayak diterbitkan

Jakarta (15/10)-WWF-Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah meluncurkan buku “The Ot Danum From Tumbang Miri until Tumbang Rungan.” Buku ini menceritakan tokoh “Bungai” dan “Tambun”, tokoh legenda suku Dayak Ot Danum yang mendiami tengah pulau Kalimantan khususnya wilayah kabupaten Gunung Mas.

Legenda dan cerita rakyat "Bungai" dan Tambun" sangat dikenal masyarakat setempat sebagai asal usul manusia di bumi Kalimantan Tengah. Kedua tokoh kunci tersebut, dianggap tokoh supra natural sekaligus nenek moyang mereka. Walaupun areal atau situs-situs pemukiman mereka sudah banyak yang hancur dimakan usia, lokasinya masih dianggap sakral dan merupakan tempat larangan sehingga sampai sekarang tetap bertahan.

Dua penulis Dayak yakni Abdul Fattah Nahan dan During Dihit Rampai berupaya mengumpulkan kisah kedua tokoh tersebut dan menuliskannya ke dalam bahasa Dayak Ngaju. Agar dapat dimengerti oleh seluruh masyarakat Indonesia dan warga dunia, buku ini pun diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Buku ini diharapkan dapat menjadi media komunikasi efektif untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pelestarian budaya dan lingkungan hidup.

“Secara umum berdasarkan filosofi, keyakinan tradisional dan nilai nilai kebijakan lokal mempunyai pengaruh dan dampak besar terhadap pengikutnya dalam memandang bagaimana upaya perlindungan dan pemanfaatan terhadap alam secara bijak. Buku ini bermaksud sebagai media pengingat dan panggilan untuk tetap menerapkan nilai sakral masyarakat Dayak dalam memelihara dan melindungi alam yang menjadi urat nadi kehidupan mereka,” jelas Rosenda C. Kasih, Project Leader WWF-Indonesia Kalimantan Tengah.

Senada dengan Rosenda, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, SH juga menuturkan harapannya dalam sambutannya di buku tersebut. Ia berharap buku yang memaparkan potensi kabupaten Gunung Mas tersebut dapat memberikan kesadaran terhadap pelestarian budaya dan lingkungan hidup serta meningkatkan kemajuan pariwisata.

Berdasar catatan WWF, Kabupaten Gunung Mas memiliki arti penting sebagai salah satu bagian sistem daerah aliran sungai besar yang mengalir di Kalimantan Tengah. Bersama Kabupaten Katingan, Kabupaten Barito Utara, dan Kabupaten Murung Raya, Gunung Mas masuk dalam wilayah Heart of Borneo (HoB)

download di sini

sumber : www.wwf.or.id

4 comments :

  1. Itu bisa di download langsung, kalo jualnya di kalteng

    link donload
    http://assets.wwfid.panda.org/downloads/buku_tambun_bungai_e_mail_1.pdf

    ReplyDelete

 
Copyright © 2009-2013 Cerita Dayak. All Rights Reserved.
developed by CYBERJAYA Media Solutions | CMS
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Flickr YouTube