BREAKING

Saturday, April 28, 2012

Petani Landak Rayakan Pesta Panen


persiapan-adat.jpg
TRIBUN PONTIANAK/HADI SUDIRMANSYAH
Seorang Nyangahan memimpin doa jelang dilaksanakanya pesta panen oleh masyarakat di Dusun Anyang Desa Amboyo Selatan Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, Jumat (27/4/2012)
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Setelah enam bulan bercocok tanam di  sawah, akhirnya pada Jumat (27/4/2012) saatnya warga Dusun Anyang Desa Amboyo Selatan Kecamatan Ngabang merayakan pesta panen atau biasa di sebut dengan naik dango.

Sebelum merayakan pesta panen tersebut, terlebih dahulu masyarakat setempat melakukan ritual adat yang di pimpin oleh seorang warga yang biasa di sebut Nyangahan atau pemimpin ritual adat yang disertai beberapa sesaji untuk di berikan kepada Jubata dan serta para arwah leluhur.

Ritual yang di lakukan dalam rangka  mensyukuri hasil panen yang di dapat setiap tahun dan dalam kesempatan yang sama dilakukan memohon do'a dan restu dari Jubata dan arwah leluhur. Dengan harapan agar cocok tanam yang di lakukan nanti juga di limpahkan hasil panen yang meningkat.

Icep (55) warga dusun Anyang menuturkan ia bersyukur hasil panen tahun ini, dirinya mendapat hasil panen padi sekitar dua ton dan jika di olah menjadi beras sekitar 1,7 ton beras. "Kalau sekitar padi dua ton padi bisa jadi 1,7 ton beras, ini lebih dari cukup untuk persediaan setahun,"ungkap ayah dua orang anak ini.

Penulis : Hadi Sudirmansyah
Editor : Bowo

No comments :

Post a Comment

 
Copyright © 2009-2013 Cerita Dayak. All Rights Reserved.
developed by CYBERJAYA Media Solutions | CMS
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Flickr YouTube