BREAKING

Wednesday, June 22, 2011

Warga Lintang Bangun Rumah Betang

MASYARAKAT Desa Lintang Sub Suku Pompank merasa gembira dan menyambut pembangunan rumah panjang (Roming Domuh) di Desa Lintang Kapuas.
Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Sanggau Paolus
Hadi dan pemberkatan oleh Mgr Agustinus Agus OFM Cap (putradaerah Desa Lintang), Jumat
(17/6) lalu.
Kades Lintang Kapuas Fran Hermanus selaku ketua panitia Melaporkan pembangunan rumah panjang akan dimulai dengan semangat gotong royong masyarakat dan danaswadaya. Masyarakat kemudian didukung dana dari para donatur, dermawan dan pihak perusahaan setempat serta pemerintah daerah.
Tokoh masyarakat dan para temenggung merasa senang menyambut kehadiran dari wakil bupati beserta rombongan.
Ukuran rumah panjang yang akan dibangun dengan lebar 9,50 meter dan panjang45,50 meter. Selanjutnya masyarakat berharap agar ada perhatian bersama baik pemerintah maupun dinas terkait guna memikirkan supaya PLN dapat masuk ke Lintang Kapuas.
Mrg Agustinus Agus mengatakan pembangunan rumah panjang akan dapat dikerjakan dengan baik dan lancar apabila didukung dengan semangat kekompakan dan kebersamaan masyarakat.
Mengenai dana haruslah dimulai dengan swadaya masyarakat kemudian juga harus di dukung oleh para donatur, dermawan dan bantuan dari pihak perusahaan serta pemerintah daerah.
Wakil Bupati Sanggau Poulus Hadi Usai meletakan batu pertama menyampaikan pihak pemerintah mendukung terhadap keinginan masyarakat untuk membangun rumah panjang
atau rumah betang karena merupakan cagar budaya.
Mengenai jalan maupun Listrik pemkab telah berupaya agar jalan menuju desa Lintang dilakukan pengerasan, sedangkan listrik telah dibahas bersama PLN. (**/sbs)

Sumber: Tribun Pontianak

No comments :

Post a Comment

 
Copyright © 2009-2013 Cerita Dayak. All Rights Reserved.
developed by CYBERJAYA Media Solutions | CMS
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Flickr YouTube